Joy Sailing 2016

Joy sailing merupakan program bagi mahasiswa baru untuk merasakan berlayar bersama kapal perang KRI Teluk Bintuni. informasi lengkap seperti berita di bawah ini:

Ribuan Mahasisiwa Hang Tuah Surabaya Joy Sailing KRI Bintuni 520

Sebanyak 1272 orang mahasiswa Unversitas Hang Tuah Surabaya mengikuti kegiatan “joy sailing” atau pelayaran dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia Teluk Bintuni 520 di Perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya, Senin (19/9).

Kegiatan pelayaran itu merupakan salah satu program studi lapangan tentang kemaritiman yang diselenggarakan Universitas Hang Tuah Surabaya bekerja sama dengan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Tujuan dari kegiatan Joy Sailing ini untuk mengenalkan jiwa kebaharian, memupuk mental dan kepribadian, siap membela negara agar sebagai akademis UHT ikut peran serta membangun bangsa Indonesia sesuai almamater yang ditempuh.

Rombongan mahasiswa yang terdiri dari 1272 orang mahasiswa ditambah tim pendukung 120 orang melaksanakan embarkasi pada pagi hari didermaga Ende Selatan, Koarmatim.

“Acara joy sailing ini merupakan salah satu wahana untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air kepada generasi muda bangsa, khususnya mahasiswa,” kata Komandan KRI Teluk Bintuni 520, Letnan Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam.

Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya Dr. Viv Djanat Prasita, M.App.Sc berharap melalui kegiatan pelayaran dengan kapal perang TNI AL tersebut, para mahasiswa mendapat ilmu dan wawasan tentang kemaritiman.

“Selain itu, dari kegiatan ini para mahasiswa juga mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai ilmu hukum laut internasional,” ujarnya.

KRI Teluk Bintuni 520 memiliki panjang 120 meter, dapat mencapai kecepatan 16.000 knot, didukung dua unit mesin yang masing-masing berkapasitas 3.285 KW. Keunggulan KRI Teluk Bintuni 520 dirancang untuk dapat mengangkut tank MBT Leopard TNI AD dan Tank BMP-3F Marinir. Memiliki spesifikasi panjang 120 meter, lebar 18 meter dan tinggi 7,8 meter serta draft 3 meter ini memiliki ketahanan di laut (endurance) selama 20 hari.

KRI Teluk Bintuni juga memiliki daya angkut sebanyak 10 Tank MBT Leopard, 476 orang berikut crew dan pasukan serta satu unit Helikopter. Termasuk juga mampu menjelajahi laut pada kondisi laut terburuk dengan jarak jelajah 7200 mil laut.

sumber: http://www.portal-komando.com/2016/09/ribuan-mahasisiwa-hang-tuah-surabaya.html

 

dsc02397

Suasa pembukaan acara di deck utama kapal

dsc02470

Mahasiswa di dampingi perwira kapal meninjau top deck KRI Teluk Bintuni

dsc02418

Tempat sandar dan galangan kapal perang

dsc02437

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keramaian perairan Tanjung Perak