Profil Prodi Perikanan

Program Studi Perikanan, pada awal berdirinya didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Hang Tuah Surabaya, yaitu pada tanggal 12 Mei 1987. Dalam perkembangannya, Program Studi Perikanan terakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor: 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 tanggal 18 Oktober 2012.

Sistem Pendidikan
Dipandang dari segi penyelenggaraan kuliah, Program Studi Perikanan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya menggunakan sistem kredit semester. Suatu sistem yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan memperhitungkan beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan ditambah dengan beban penyelenggaraan program pendidikan. Satuan beban tersebut dinyatakan di dalam satuan kredit semester disingkat dengan sks. Artinya dengan satu satuan waktu semester sebagai satuan waktu terkecil yang menyatakan lama program pendidikan, yang dilaksanakan di dalam satu jenjang pendidikan.

Kerangka kurikulum disusun dalam delapan semester dengan beban studi minimal 144 sks, yang terbagi dalam dua tahap pendidikan yaitu:
 Tahap Persiapan dengan beban studi 36 sks dijadwalkan selesai dalam 2 (dua) semester.
 Tahap Sarjana dengan beban studi 117 sks dijadwalkan selesai dalam 6 (enam) semester.

Luaran Pembelajaran Berdasarkan KKNI

PARAMETER DISKRIPSI
MENYUSUN LEARNING OUTCOME PROGRAM STUDI S1
PERIKANAN
DISKRIPSI GENERIK
LEVEL 6 (S1)
BERDASARKAN KKNI
 
DISKRIPSI GENERIK LULUSAN PROGRAM STUDI S1
PERIKANAN
a. KEMAMPUAN DI BIDANG KERJA Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya  dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu dan terampil dalam merencanakan dan mengelola usaha budidaya, menciptakan teknik-teknik budidaya yang baru untuk meningkatkan produksi serta mampu mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan manajemen budidaya dan dapat memberikan jalan pemecahannya.

Mampu dan terampil mendesain alat tangkap sesuai kondisi perairan, mampu menentukan daerah operasi penangkapan dan menggunakan alat tangkap serta cara menangkap yang disesuaikan dengan tujuan komoditi penangkapan,  serta mampu menentukan dan mengelola usaha perikanan tangkap dengan memperhatikan kaidah kelestarian sumberdaya perikanan.
b. PENGETAHUAN        YANG DIKUASAI Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Mampu dan terampil menangani hasil perikanan, menciptakan dan mengembangkan teknik pengolahan dan pengawetan ikan, mampu mengendalikan, menentukan kualitas hasil perikanan dan memanfaatkan limbah industri pengolahan serta mampu menyusun perencanaan usaha pengolahan.
c. KEWENANGAN dan TANGGUNG JAWAB Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Memiliki sikap etis, estetis, apresiatif dan partisipatif dalam penerapan bidang perikanan.
Mampu mengambil keputusan secara akademik dan mandiri dalam memimpin kelompok kerja terbatas.