Panduan Akademik

Nilai Kredit dalam Satuan Kredit Semester

Besarnya beban studi mahasiswa dalam satu matakuliah dinyatakan dalam suatu satuan nilai, yang disebut dengan satuan kredit semester (sks). Sehubungan dengan beban studi yang terkait dengan suatu matakuliah, akan melibatkan kegiatan-kegiatan yang berupa perkuliahan, seminar, diskusi kelompok, praktikum, penelitian, kerja lapangan, dan sejenisnya. Kegiatan-kegiatan seperti itu akan diberi nilai dalam bentuk satuan kredit semester.

Beban Studi dalam Semester

Beban studi mahasiswa dalam satu semester ditentukan berdasarkan atas rata-rata waktu kerja sehari dan kemampuan individu. Menurut perhitungan normal, seorang mahasiswa akan dapat belajar di kelas dan di luar kelas sebanyak 6-8 jam, yaitu 2 jam pada pagi hari, siang, petang dan malam hari. Dengan demikian, dapat diperhitungkan bahwa beban belajar seorang mahasiswa dalam satu hari diperkirakan akan mencapai kurang lebih 8-10 jam belajar, atau 48-60 jam belajar per minggu.

Mengingat nilai satu sks kira-kira setara dengan tiga jam kerja, maka beban studi mahasiswa umumnya untuk tiap semester akan sama dengan 16-20 sks, atau sekitar 18 sks per semester. Namun dalam menentukan beban semester tersebut, perlu juga memperhatikan kemampuan individu dan hasil studi pada semester sebelumnya yang tercermin dalam Ideks Prestasi (IP).

Dalam Sistem Kredit Semester dikenal adanya dua jenis Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).  IPS adalah ukuran keberhasilan mahasiswa menempuh matakuliah dalam suatu semester, sedangkan IPK adalah ukuran keberhasilan mahasiswa yang dihitung mulai masa awal studi sampai dengan semester terakhir yang diikuti.

Pembimbing Akademik

Pembimbing Akademik, atau sering disebut Dosen Wali adalah tenaga edukatif tetap yang ditugaskan oleh pimpinan fakultas. Dalam melaksanakan tugasnya para dosen wali dikordinasikan oleh ketua program studi sehingga mampu melaksanakan fungsi-nya ke arah tujuan perwalian. Setiap dosen wali ditugaskan membimbing sejumlah mahasiswa oleh ketua program studi.

Evaluasi Hasil Studi

Evaluasi hasil studi dilakukan sekurang-kurangnya pada akhir semester, pada akhir dua semester tahun pertama, dan pada akhir batas akhir waktu program pendidikan.

Evaluasi Hasil Studi Semester

Evaluasi hasil studi semester dilakukan pada tiap akhir semester, meliputi matakuliah yang diprogram oleh mahasiswa selama satu semester yang baru berakhir, dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS). Evaluasi ini ditujukan untuk mengevaluasi hasil studi mahasiswa dalam semester yang baru berakhir, dan digunakan untuk menentukan jumlah sks yang dapat diambil pada semester berikutnya.  Jumlah sks yang diajukan mahasiswa dapat lebih besar satu sks dari yang ditentukan, kecuali mahasiswa dengan IPS ≥ 3,00 beban studi maksimum adalah 24 sks. Pada semester 1 dan 2, semua mahasiswa baru diharuskan mengambil seluruh matakuliah yang ditawarkan.

IP Semester

Beban Studi Maksimum

            IPS ≥ 3,00

24 sks

2,75 ≤ IPS < 3,00

22 sks

2,00 ≤ IPS < 2,75

20 sks

            IPS < 2,00

16 sks

Tahapan Evaluasi Hasil Studi Program Sarjana (S1)

Evaluasi ke- Pelaksanaan Evaluasi sks Minimal

IPK Minimal

1

Akhir Semester 2 20

2,00

2 Akhir Semester 4 40

2,00

3 Akhir Semester 10 120

2,00

4 Akhir Semester I4 144

2,00

Pada evaluasi hasil studi tahap 1 di akhir semester 2 apabila hasil evaluasi studi tidak memenuhi syarat maka mahasiswa yang bersangkutan akan diberi peringatan.                Mahasiswa tidak diperkenankan untuk melanjutkan studi (drop out) apabila pada evaluasi studi tahap 2 dan seterusnya tidak memenuhi syarat. Seorang mahasiswa dinyatakan telah berhasil menyelesaikan program studi, apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Telah menempuh matakuliah yang ditetapkan oleh masing-masing program studi.
  2. Mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,00.
  3. Tidak ada nilai E, Matakuliah Pengembang Kepribadian (MPK) Inti dan Matakuliah Keahlian yang ditetapkan masing-masing program studi minimal C.
  4. Nilai D maksimal 15% dari jumlah keseluruhan beban studi/total sks.
  5.  Lulus ujian skripsi minimal C.

Batas Waktu Studi

  1.  Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan jenjang studi sarjana (S1) adalah 4 sampai dengan 7 tahun efektif terhitung saat mahasiswa tersebut terdaftar pertama kali sebagai mahasiswa tahun pertama pada Universitas Hang Tuah.
  2. Mahasiswa yang telah habis masa studinya dan melampaui batas waktu yang ditentukan, apabila berkehendak menyelesaikan studinya harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor dengan kewajiban pembayaran sesuai dengan tahun yang bersangkutan.
  3. Batas waktu studi mahasiswa pindahan sama dengan mahasiswa reguler, yaitu 7 tahun terhitung masa studi efektif yang telah dimanfaatkan pada Perguruan Tinggi asal, sehingga masa studi di Universitas Hang Tuah adalah sisa waktu setelah dikurangi masa studi dari peguruan tinggi asal.

Mengulang Matakuliah dan Ujian Perbaikan

Mengulang Matakuliah

Seorang mahasiswa yang belum mencapai IPK yang disyaratkan, boleh memperbaiki nilai yang diperoleh dengan memprogram ulang suatu mata kuliah, selama batas waktu studi yang diperkenankan belum terlampaui, dan berhak untuk mendapatkan nilai maksimal.

 Ujian Perbaikan

Ujian Perbaikan dilaksanakan untuk memperbaiki nilai ujian mahasiswa pada semester yang bersangkutan dengan persyaratan terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Semester (UAS).

Yudisium dan Predikat Kelulusan

1)   Yudisium dilaksanakan untuk mahasiswa yang lulus semua matakuliah yang  dipersyaratkan termasuk skripsi.

2)   Yudisium yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah setiap semester mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 yang hasilnya dikelompokkan dengan kualitas predikat kelulusan.

                                   Predikat Kelulusan dan Indeks Prestasi       

Predikat Kelulusan IP Kumulatif Masa Studi

Dengan Pujian

3,51 ≤ IPK ≤ 4,00

≤ 10 semester

Sangat Memuaskan

3,51 ≤ IPK ≤ 4,00

> 10 semester

2,76 ≤ IPK ≤ 3,50

≤ 12 semester

Memuaskan 2,76 ≤ IPK ≤ 3,50

> 12 semester

  2,00 ≤ IPK ≤ 2,75  

Predikat Dengan Pujian, diberikan dengan syarat yang bersangkutan dalam menempuh studinya tidak lebih dari masa studi terjadwal ditambah satu tahun.

Lulus English Proficiency Test (EPT) dengan nilai sesuai ketentuan yang berlaku.

Menyelesaikan kewajiban administrasi keuangan, peminjaman buku perpustakaan dan alat-alat laboratorium.