Teknik Elektro, FTIK, Universitas Hang Tuah, Jl, Arief Rahman Hakim 150 Keputih Sukolilo Surabaya

(031)5945864, 50945894 teknik.elektro@hangtuah.ac.id

Perjanjian Kerja Sama dan Kuliah Tamu

Untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, Universitas Hangtuah khususnya Fakultas Teknik Dan Ilmu Kelautan telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lain.Kerjasama antar perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, maupun nasional, utamanya dalam upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Lingkup kerjasama tersebut mencakup banyak bidang yang tentunya dalam mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Pada hari minggu tanggal 3 desember 2017 Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya mengadakan kerjas sama dengan Universitas Bhayangkara Surabaya bertempat di Gedung Samudra Ganesha Universitas Hang Tuah Surabaya. Dimana pada kesempatan tersebut Perjanjian Kerja Sama antar universitas ini ditandatangani oleh kedua dekan fakultas yaitu Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya Dr. Viv Djanat Prasita, M.App.Sc dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya Dr. Bambang P, S.T., M.T. Perjanjian Kerjasama ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peran dan fungsi kedua belah pihak dalam penyenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional.

Untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut pada kesempatan yang sama setelah ditandatangi Perjanjian Kerja Sama antar Fakultas, maka dilanjutkan acara kuliah tamu. Dimana penyelenggaraan acara tersebut dilaksanakan oleh kedua universitas. Sebagai pembicaranya adalah Bpk. Ir. H. Andi Unggul Attas, MBA, beliau adalah Komisaris Utama PT. Semen Indonesia Logistik dan Bpk. Ir. Edy Hartono, MM sebagai perbicara kedua, beliau adalah General Manager Pembangkit Jawa Bali. Kuliah Tamu dengan dua perbicara tersebut menggangkat tema “Membangun Sikap Profesionalisme Dalam Menghadapi Persaingan Global”.

Pada kuliah tamu tersebut disampaikan materi tetang bagaimana mahasiswa dapat bersikap profesionalisme dalam menghadapi persaingan global. Indonesia dalam menghadapi persaingan global menghadapi  berbagai tantangan percepatan kemajuan teknologi. Kemampuan dalam menghadapi persoalan  tersebut sangat dipengaruhi oleh penguasaan sumber daya manusia dalam hal  teknologi yang ditunjang oleh kemampuan ekonomi negara. Untuk mendorong daya saing bangsa diperlukan identifikasi, internalisasi dan sikap kerja dalam mengahadapi persaingan bangsa. Beberapa sikap kerja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing bangsa adalah dengan penerapan budaya kerja yang baik. Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh seluruh civitas akademika dilingkungan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Surabaya dan Fakultas Teknik Universitas Ubhara, Khususnya Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut kedua universitas dalam mengisi kegiatan untuk meningkatkan peran dalam penyenggaraan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *