Teknik Elektro, FTIK, Universitas Hang Tuah, Jl, Arief Rahman Hakim 150 Keputih Sukolilo Surabaya

(031)5945864, 50945894 teknik.elektro@hangtuah.ac.id

Seminar Hasil Riset Group Power System

Untuk menunjang kegiatan riset akademis, khususnya publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa maka Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) Universitas Pelita Harapan menyelenggarakan lagi Seminar Nasional ilmiah di bidang Sains, Rekayasa dan Teknologi selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis, 17 – 18 Mei 2017, di Kampus UPH, Lippo Karawaci, Tangerang.

IMG-20170520-WA0008Keynote Speakers acara pertama, diundang tiga pembicara terpilih untuk didengar gagasan dan opininya terkait kegiatan riset maupun kebijakan publik atau profesional di bidang Sains, Rekayasa dan Teknologi dari prespektif akademisi pelaku riset maupun asosiasi profesi, sebagai berikut :

  • Prof. Dr.-Ing. habil. Andreas Wibowo, RIHS – Agency for Research and Development Ministry of Public Works and Housing, Bandung
  • Eden Steven, Ph.D., Emmerich Education Center, Jakarta
  • Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), dan GB Unsri Palembang

IMG-20170520-WA0009

Dalam seminar ini Teknik Elektro Universitas Hang Tuah memaparkan dua buah hasil riset yang telah dilakukan sebagai outputan riset group  power system. Jamalludin Achmat sebagai perwakilan dari riset group menyampaikan gagasan risetnya dengan judul “Optimasi Power System Stabilizer (PSS) Pada Generator Mulimesin Untuk Mengurangi Osilasi Menggunakan Genetic Algorithm” didampingi oleh dosen pembimbing riset Iradiratu DPK,ST,MT.  Dan Rifqi Fathur Rahman juga menyajikan hasil risetnya dengan judul “Optimasi Automatic Voltage Regulator (AVR) Pada Multimesin Untuk Mengurangi Osilasi Dengan Metode Linier Quadratic Regulator (LQR)” dengan Istiyo Winarno, ST, MT sebagai pembimbing.

IMG-20170520-WA0010Pada bahasan tersebut mereka melakukan riset tentang kestabilan sistem tenaga listrik.  Perubahan beban yang terjadi secara dinamis dapat menyebabkan suatu osilasi daya. Osilasi daya yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada sistem secara keseluruhan. Kestabilan sistem tenaga listrik ditentukan oleh kestabilan sistem tegangan yang dihasilkan dari suatu sistem eksistasi yang ada pada generator. Sistem eksitasi pada generator diatur dengan menggunakan Automatic Voltage Regulator (AVR). Oleh karena itu dibutuhkan suatu AVR yang bersifat kokoh terhadap perubahan beban yang dinamis. Sehingga dilakukan mengoptimalan nikai gaik K sebagai umpan balik pada sistem agar diperoleh nilai penguatan pada sistem kendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *