Teknik Elektro, FTIK, Universitas Hang Tuah, Jl, Arief Rahman Hakim 150 Keputih Sukolilo Surabaya

(031)5945864, 50945894 teknikelektro@hangtuah.ac.id
<p>Eksistensi perguruan tinggi memiliki peranan yang sangat penting dalam memengaruhi perubahan-perubahan suatu masyarakat. Perguruan tinggi juga dapat mengembangkan model pembangunan yang benar-benar berbasis pada keilmuan disertakan sumberdaya lokal dalam kerangka sistem nilai budaya bangsa, membangun basis-basis pengembangan keilmuan yang benar-benar relevan dengan kebutuhan masyarakat. Sebagai upaya untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, […]</p>
<p>Untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, Universitas Hangtuah khususnya Fakultas Teknik Dan Ilmu Kelautan telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lain.Kerjasama antar perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, maupun nasional, utamanya dalam upaya […]</p>
<p>Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) 2017 yang mempublikasikan 210 makalah sains dan teknologi. Acara ini juga diharapkan jadi terobosan sinergi pemangku kepentingan dalam aplikasi teknologi untuk kemandirian bangsa. Semua karya penelitian ini dimuat di laman daring http://semnastek.umj.ac.id/index.php/semnastek dengan ISSN 2407-1846 eISSN 2460-8416 yang telah […]</p>
<p>Universitas Hang Tuah Surabaya menggelar prosesi wisuda ke-46 Bertempat di Gedung Graha Samudra Ganesa Universitas Hang Tuah Surabaya. Prosesi wisuda yang ke-46  kali ini, Universitas Hang Tuah  akan meluluskan sebanyak sebanyak 346 (tiga ratus empat puluh enam) mahasiswa. Pada momentum wisuda kali ini, sebanyak 28 (dua puluh delapan) Wisudawan dari […]</p>
<p>Serangkaian kegiatan bakti sosial oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Hangtuah berhasil diselenggarakan. Dengan acara bakti sosial yang sedikit berbeda dengan bakti sosial pada umumnya, acara ini mengambil dua kegiatan, yaitu “Elektro Mengajar” dan bantuan keperluan sekolah untuk adik adik panti asuhan “Al- Kahfi”. Sejumlah 46 murid kurang mampu […]</p>

Student Activity HIMA TEKTRO

LABORATORY

Teknik Elektro dilengkapi dengan fasilitas laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum maupun riset mahasiswa. Empat laboratorium yang ada di Teknik Elektro Univeritas Hang Tuah adalah sebagai berikut :

Lab. Mesin Listrik

Featured Image

LAB. KONVERSI ENERGI LISTRIK

Featured Image

LAB. ELEKTRONIKA

Featured Image

LAB. TEK. INFORMASI DAN KOMP

Featured Image

About Us

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu dari 5 jurusan yang ada di fakultas teknik dan ilmu kelautan. Jurusan teknik elektro berdiri pada tahun 1996 dengan Status Terdaftar pada tanggal 23 Oktober 1996 berdasar Skep. Mendiknas No. 506/DIKTI/Kep/1996. Jurusan Teknik Elektro mempunyai 2 (dua) konsentrasi yaitu: Konsentrasi Elektronika dan Konsentrasi Energi Listrik, dengan penambahan keilmuan dibidang listrik perkapalan dan elektronika perkapalan. TEKNIK ENERGI LISTRIK, pada konsentrasi ini, mahasiswa mempelajari : teknik konversi energi, teknik transmisi dan distribusi tenaga elektrik, sistem interkoneksi, teknik elektrik kapal, penggunaan motor elektrik, teknik pengaturan dan pengamanan, pemakaian komputer untuk perhitungan dan perencanaan sistem tenaga, instalasi listrik kapal, elektronika navigasi, serta penggunaan motor listrik di perkapalan. TEKNIK ELEKTRONIKA, pada kontrasi ini, mahasiswa mempelajari : rangkaian dan komponen elektronika, rangkaian integrasi, perencaan sistem elektronika, teknik pembuatan komponen, elektronika kedokteran, penggunaan instrument elektronika, analisis serta data dengan komputer, elektronika terapan dibidang industri terutama industri peralatan kedokteran, elektronika navigasi kapal.

VISI

Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi elektro dengan penambahan bidang keahlian elektro industri maritim.

MISI

Menghasilkan sarjana yang berkemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) elektro dengan penambahan keahlian bidang elektro industri kemaritiman yang memiliki semangat kebangsaan, berwawasan maju, berbudi luhur, disiplin dan mampu mandiri.

Tujuan

Tujuan pendidikan program strata-1 di jurusan Teknik Elektro adalah menghasilkan sarjana Teknik Elektro yang memiliki pengetahuan dan keterampilan profesional sebagai bekal untuk bekerja sebagai tenaga ahli dalam bidang Teknik Elektro khususnya Teknik Elektro Kelautan/Perkapalan.

Services

Dosen dan staff pengajar Teknik Elektro terdiri atas tenaga pengajar yang telah berpengalaman dibidangnya

LECTURER

Personal Identity

KALENDER AKADEMIK

Kalender akademik 2017-2018

Read More

KURIKULUM PROGRAM STUDI

Silabus mata kuliah

Read More

JADWAL KULIAH

Jadwal kuliah semerter ganjil 2017-2018

Read More

workshop robot

Salah satu wadah mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas dibidang robotik

WORKSHOP ROBOT

Perjanjian Kerjasama, Kesepahaman, dan Studi banding FTIK-UHT dan Undiknas Denpasar

Eksistensi perguruan tinggi memiliki peranan yang sangat penting dalam memengaruhi perubahan-perubahan suatu masyarakat. Perguruan tinggi juga dapat mengembangkan model pembangunan yang benar-benar berbasis pada keilmuan disertakan sumberdaya lokal dalam kerangka sistem nilai budaya bangsa, membangun basis-basis pengembangan keilmuan yang benar-benar relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai upaya untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas dan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar melakukan kerjasama. Pada tanggal 13 desember 2017 dilakukan penandatang Perjanjian Kerjasan antara kedua fakultas tersebut, dimana Bapak Dr Viv Djanat prasita, M.App.Sc sebagai dekan FTIK-UHT dan Dr. Ir. I Gusti Lanang  Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPM  sebagai dekan FTIK Undiknas.

Untuk mempererat pelaksanaan kerjasama tersebut, pada hari yang sama juga dilakukan penandatangan kesepahaman antara Teknik Elektro Universitas dan Teknik Elektro Undiknas. Dimana pada kesepahaman tersebut meliputi kerjasama peningkatan pelaksanaan pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian bagi kedua pihak. Ibu Iradiratu D.P.K., S.T., M.T. sebagai ketua program studi Teknik Elektro Universitas Hang Tuah Surabaya dan Bapak Ir. Wayan Sukadana, S.T., M.T., IPM sebagai ketua program studi Teknik Elektro Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas).

Untuk mengisi perjanjian kerjasama tersebut, pada hari yang sama sekaligus diakan kegiatan studi banding fasilitas pembelajaran dan kegiatan mahasiswa. Dimana pada kegiatan tersebut 65 mahasiswa Undiknas berkunjung ke laboratorium Teknik Elektro dan mereka saling bertukar informasi dan saling sharing kegiatan Himpunan Mahasiswa (HIMA) serta kegiatan laboratorium dengan para assisten laboratorium (ASLAB). Kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh semua mahasiswa, baik mahasiswa Teknik Elektro dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar dan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Hang Tuah Surabaya.

Perjanjian Kerja Sama dan Kuliah Tamu

Untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, Universitas Hangtuah khususnya Fakultas Teknik Dan Ilmu Kelautan telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi lain.Kerjasama antar perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, maupun nasional, utamanya dalam upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Lingkup kerjasama tersebut mencakup banyak bidang yang tentunya dalam mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Pada hari minggu tanggal 3 desember 2017 Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya mengadakan kerjas sama dengan Universitas Bhayangkara Surabaya bertempat di Gedung Samudra Ganesha Universitas Hang Tuah Surabaya. Dimana pada kesempatan tersebut Perjanjian Kerja Sama antar universitas ini ditandatangani oleh kedua dekan fakultas yaitu Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya Dr. Viv Djanat Prasita, M.App.Sc dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya Dr. Bambang P, S.T., M.T. Perjanjian Kerjasama ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peran dan fungsi kedua belah pihak dalam penyenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional.

Untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut pada kesempatan yang sama setelah ditandatangi Perjanjian Kerja Sama antar Fakultas, maka dilanjutkan acara kuliah tamu. Dimana penyelenggaraan acara tersebut dilaksanakan oleh kedua universitas. Sebagai pembicaranya adalah Bpk. Ir. H. Andi Unggul Attas, MBA, beliau adalah Komisaris Utama PT. Semen Indonesia Logistik dan Bpk. Ir. Edy Hartono, MM sebagai perbicara kedua, beliau adalah General Manager Pembangkit Jawa Bali. Kuliah Tamu dengan dua perbicara tersebut menggangkat tema “Membangun Sikap Profesionalisme Dalam Menghadapi Persaingan Global”.

Pada kuliah tamu tersebut disampaikan materi tetang bagaimana mahasiswa dapat bersikap profesionalisme dalam menghadapi persaingan global. Indonesia dalam menghadapi persaingan global menghadapi  berbagai tantangan percepatan kemajuan teknologi. Kemampuan dalam menghadapi persoalan  tersebut sangat dipengaruhi oleh penguasaan sumber daya manusia dalam hal  teknologi yang ditunjang oleh kemampuan ekonomi negara. Untuk mendorong daya saing bangsa diperlukan identifikasi, internalisasi dan sikap kerja dalam mengahadapi persaingan bangsa. Beberapa sikap kerja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing bangsa adalah dengan penerapan budaya kerja yang baik. Budaya kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh seluruh civitas akademika dilingkungan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Surabaya dan Fakultas Teknik Universitas Ubhara, Khususnya Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut kedua universitas dalam mengisi kegiatan untuk meningkatkan peran dalam penyenggaraan pendidikan.

SEMINAR RISET GROUP RENEWABLE ENERGY

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) 2017 yang mempublikasikan 210 makalah sains dan teknologi. Acara ini juga diharapkan jadi terobosan sinergi pemangku kepentingan dalam aplikasi teknologi untuk kemandirian bangsa.

Semua karya penelitian ini dimuat di laman daring http://semnastek.umj.ac.id/index.php/semnastek dengan ISSN 2407-1846 eISSN 2460-8416 yang telah terindeks Google Scholar, Sinta dan Portal Garuda Kemenristekdikti.

Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri. Selain forum diskusi ilmiah, Semnastek 2017 sekaligus sebagai ajang silaturahim, komunikasi dan berbagi informasi seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset terkini.

Semnastek 2017 merupakan bentuk kepedulian UMJ dalam mengembangkan kegiatan riset dan penelitian di berbagai bidang keteknikan antara lain rekayasa energi, energi alternatif, teknik telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, peralatan alat berat di industri, serta sistem produksi.

Acara yang digelar pada Rabu (1/11), itu dibuka oleh Rektor UMJ Syaiful Bakhri yang menyampaikan pentingnya pengembangan teknologi menuju kemandirian bangsa. Kegiatan ini juga diawali pidato kunci oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati.

Dalam kesempatan tersebut mahasiswa Teknik Elektro Universitas Hang Tuah Surabaya berpartisipasi sebagai pemakalah yang diwakili oleh dua mahasiswa yaitu Lia Natasari dan Firdaus Wulandari. Kedua mahasiswa dari Teknik Elektro UHT menyampaikan hasil riset di bidang renewable energy dimana pada mereka meneliti pengoptimalan penyerapan energi dari energi matahari.

 

Selamat Untuk 28 Wisudawan Prodi Teknik Elektro

Universitas Hang Tuah Surabaya menggelar prosesi wisuda ke-46 Bertempat di Gedung Graha Samudra Ganesa Universitas Hang Tuah Surabaya. Prosesi wisuda yang ke-46  kali ini, Universitas Hang Tuah  akan meluluskan sebanyak sebanyak 346 (tiga ratus empat puluh enam) mahasiswa.

Pada momentum wisuda kali ini, sebanyak 28 (dua puluh delapan) Wisudawan dari Prodi Teknik Elektro dengan antusias menerima ucapan selamat dari Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman.S.IP.,SE.,M.AP., dan Assisten Personil (Aspers) Kasal Laksda TNI Karma Suta, SE., MM yang mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi. SE., MAP.

Ke 28 wisudawan Prodi Teknik Elektro adalah sebagai berikut :

  1. Rahim Atmanegara
  2. Brenda Herdyani Akbar
  3. Candra Bagus Setiawan
  4. Rifqi Fathur Rohman
  5. Ageng Sapta Nugraha
  6. Adam Samodra Djatirangga
  7. Niko Pratama
  8. Ibadur Rohman
  9. Muhamad Badruz Zaman
  10. Crisyangga Sonina Adhi P
  11. Gaguk Bagas Prakoso
  12. Rixki Aditya
  13. Mochammad Rayza Alfian
  14. Mohammad Dwi Purnadiansyah
  15. Gusti Ngurah A Kurniawan
  16. Afifa Razana
  17. Achmat Benny Pahlevi
  18. Riengga Agus Argianto
  19. Andi Kusuma
  20. Jamaluddin Ahmad
  21. Rizky Eko Nugroho
  22. Sabdy Prakasa Putra Pradana
  23. Sesartiar Amrirulloh
  24. Sri Rizqi Nur Masyithoh
  25. Tri Bagus Tamtomo
  26. Wika Teguh Andika
  27. Yonita Medika Sari
  28. Zakharia Anugrah Gumilar

Dari 346 (tiga ratus empat puluh enam) mahasiswa tersebut Teknik Elektro meluluskan 28 mahasiswa. Wisudawan terbaik Prodi Teknik Elektro diraih oleh Afifa Razana,, IPK 3.58 (Dengan Pujian).

Selamat dan sukses, semoga capaian ini membawa keberkahan bagi para wisudawan yang bersangkutan, serta mampu mengangkat harkat dan derajat seluruh keluarganya, institusi, dan bangsa Indonesia.

Bakti Sosial dan “Elektro Mengajar”

Serangkaian kegiatan bakti sosial oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Hangtuah berhasil diselenggarakan. Dengan acara bakti sosial yang sedikit berbeda dengan bakti sosial pada umumnya, acara ini mengambil dua kegiatan, yaitu “Elektro Mengajar” dan bantuan keperluan sekolah untuk adik adik panti asuhan “Al- Kahfi”. IMG-20170609-WA0006

Sejumlah 46 murid kurang mampu di panti asuhan “Al-Kahfi” Surabaya mendapatkan bimbingan belajar dengan materi sesuai yang diajarkan disekolah dan diadakan dua kali dalam seminggu. Tim pengajar dilakukan oleh mahasiswa Teknik Elektro. Kegiatan tersebut diadakan selama lima bulan dari tanggal 21 november 2016 sampai tanggal 21 April 2017 dan ditutup dengan kegiatan memberikan bantuan keperluan sekolah pada tanggal 8 juni 2017, bertepatan dengan bulan ramadhan. Selain untuk meningkatkan kekeluargaan antar sesama, alasan panitia membuat konsep bakti sosial yang berbeda adalah ingin menumbuhkan semangat para siswa adik adik panti asuhan untuk terus belajar dan memupuk ide-ide di bidang akademik, menumbuhkan jiwa inovatif, kreatif dan melatih kedisplinan dalam hal belajar.

IMG-20170609-WA0001Kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan mahasiswa setidaknya menjadi bukti bahwa misi perguruan tinggi tak hanya bersifat akademis semata. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan juga harus mendorong para mahasiswanya memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Kegiatan sosial ini yang melibatkan civitas academika yang ada dilingkungan Teknik Elektro Universitas Hangtuah, dari mahasiswa angkatan 2016 sampai 2013 dan didampingi oleh dosen Teknik Elektro.

Kuliah Tamu oleh Dr. Eng. Bambang Sumantri, S.T., M.Sc. “Energy Efficiency Through Control System”

Selasa, 6 juni 2017 pukul 10.30 WIB Dr. Eng. Bambang Sumantri, S.T., M.Sc. mengadakan kuliah tamu membahas tema “Energy Efficiency Through Control System”. Hal yang melatarbelakangi risetnya adalah permasalahan global warming. Krisis energi dan isu lingkungan merupakan isu sentral yang menjadi perhatian negara maju maupun berkembang. Salah satu sektor penyumbang krisis energi terbesar adalah transportasi, pemakaian rumah tangga, dan commercial. Kesadaran lingkungan dan dampak krisis energi menjadikan trend penelitian mengarah pada penggunaan energi listrik sebagai pengganti sumber energi fosil yang semakin menipis ketersediaannya. Untuk itu diperlukan teknologi yang dapat mengatasi penggunaan energi listrik pada waktu berjalan ini, sahingga penggunaan energi batere bisa lebih efisien.

1Penggerak yang banyak digunakan adalah motor. Untuk itu sebagai langkah awal riset adalah mendisain sistem kontrol sehingga didapat peningkatan efisiensi penggunaan daya listrik. Salah satu metode untuk meningkatkan efisiensi melalui sistem kontrol adalah mendisain fungsi input plant menggunakan input sinyal trapezoid atau s curve.

2Metode kedua adalah dengan cara manipulating variable control plant. Dari metode tersebut didapat keuntungan bahwa dengan mendesain kontrol untuk mendapatkan efisiensi energy yang meningkat kita tidak perlu mengubah atau mengganti hardware yang sudah kita gunakan, namun hanya mengubah parameter kontrol saja. Keuntungan metode ini juga tidak mengeluarkan biaya besar, cukup dengan mendesai ulang kontroller dalam bentuk software.

 

Acara yang dihadiri oleh civitas akademika Teknik Elektro Universitas Hangtuah dan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Dr. Drs. Viv Djanat Prasita, M.App.Sc. berlangsung menarik.

Seminar Hasil Riset Group Power System

Untuk menunjang kegiatan riset akademis, khususnya publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa maka Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) Universitas Pelita Harapan menyelenggarakan lagi Seminar Nasional ilmiah di bidang Sains, Rekayasa dan Teknologi selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis, 17 – 18 Mei 2017, di Kampus UPH, Lippo Karawaci, Tangerang.

IMG-20170520-WA0008Keynote Speakers acara pertama, diundang tiga pembicara terpilih untuk didengar gagasan dan opininya terkait kegiatan riset maupun kebijakan publik atau profesional di bidang Sains, Rekayasa dan Teknologi dari prespektif akademisi pelaku riset maupun asosiasi profesi, sebagai berikut :

  • Prof. Dr.-Ing. habil. Andreas Wibowo, RIHS – Agency for Research and Development Ministry of Public Works and Housing, Bandung
  • Eden Steven, Ph.D., Emmerich Education Center, Jakarta
  • Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), dan GB Unsri Palembang

IMG-20170520-WA0009

Dalam seminar ini Teknik Elektro Universitas Hang Tuah memaparkan dua buah hasil riset yang telah dilakukan sebagai outputan riset group  power system. Jamalludin Achmat sebagai perwakilan dari riset group menyampaikan gagasan risetnya dengan judul “Optimasi Power System Stabilizer (PSS) Pada Generator Mulimesin Untuk Mengurangi Osilasi Menggunakan Genetic Algorithm” didampingi oleh dosen pembimbing riset Iradiratu DPK,ST,MT.  Dan Rifqi Fathur Rahman juga menyajikan hasil risetnya dengan judul “Optimasi Automatic Voltage Regulator (AVR) Pada Multimesin Untuk Mengurangi Osilasi Dengan Metode Linier Quadratic Regulator (LQR)” dengan Istiyo Winarno, ST, MT sebagai pembimbing.

IMG-20170520-WA0010Pada bahasan tersebut mereka melakukan riset tentang kestabilan sistem tenaga listrik.  Perubahan beban yang terjadi secara dinamis dapat menyebabkan suatu osilasi daya. Osilasi daya yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada sistem secara keseluruhan. Kestabilan sistem tenaga listrik ditentukan oleh kestabilan sistem tegangan yang dihasilkan dari suatu sistem eksistasi yang ada pada generator. Sistem eksitasi pada generator diatur dengan menggunakan Automatic Voltage Regulator (AVR). Oleh karena itu dibutuhkan suatu AVR yang bersifat kokoh terhadap perubahan beban yang dinamis. Sehingga dilakukan mengoptimalan nikai gaik K sebagai umpan balik pada sistem agar diperoleh nilai penguatan pada sistem kendali.

Studi Ekskursi PT. Sinar Sosro Giayar Bali

Studi Ekskursi merupakan salah program kegiatan tahunan untuk Teknik Elektro Hangtuah Surabaya. Melalui studi ekskursi ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal lingkungan industri secara lebih dekat dan mengetahui tentang praktek keilmuan elektro pada dunia industri. Studi Ekskursi Teknik Elektro  dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 10 Mei 2017 di PT. Sinar Sosro Giayar Bali. Kedatangan mahasiswa-mahasiswi disambut hangat oleh Humas PT. Sinar Sosro. Perwakilan Humas Pt. Sosro mengatakan bahwa mahasiswa-mahasiswi harus bisa mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari studi ekskursi ini, semoga peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa bertambah wawasan serta pengetahuannya.

IMG-20170511-WA0150

Di perusahaan tersebut mahasiswa diperkenalkan dengan alat-alat yang digunakan, proses-proses yang terlibat untuk memproses bahan baku menjadi sebuah produk, dan mengenai keselamatan dalam bekerja. Kegiatan ini memiliki manfaat yaitu mahasiswa dapat melihat dan menambah wawasan yang mungkin tidak didapatkan di bangku perkuliahan.

 

Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) 2017

Untuk menumbuh kembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, perlu di fasilitasi kegiatan yang dapat mendukung penumbuhan dan pengembangan kreativitas dan inovasi dosen beserta para mahasiswa, baik dari segi teoritis maupun penerapan praktis.

IMG_1841Dalam hal ini Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dapat merupakan suatu wacana yang sangat menarik bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan gagasan dan ide-ide mereka menjadi suatu robot yang fungsional dengan memanfaatkan pengetahuan mereka yang multi disiplin. Robot-robot tersebut harus dirancang dan dibuat sendiri, dengan menggunakan sensor-sensor, actuator serta rangkaian elektronika dan mikrokomputer yang ada dan harus diprogramkan sesuai dengan tema kontes tahun ini. Selain itu kerjasama yang baik antara anggota tim peserta dan gagasan strategi yang terbaik juga akan menjadi faktor pendukung suksesnya suatu tim dalam kontes ini, sehingga akan dapat menimbulkan suasana kompetisi yang kondusif dikalangan mahasiswa, dosen maupun perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam kontes tersebut. Pada tanggal 4-6 mei KRPAI dilaksanakan di Universitas Brawijaya. Teknik Elektro Universitas Hangtuah mendelegasikan satu robot dengan nama Ri-Hang. Dalam kontes ini tim robot Elektro Hang Tuah terhenti pada sesi ke-2. Semoga dikontes mendatang bisa lolos pada tahap yang lebih baik.

Pengabdian Kepada Masyarakat “Pengolahan Terung dan Tripang”

Kelurahan Sukolilo Baru Kecamatan Bulak kota Surabaya yang terletak di timur Surabaya, merupakan kampung nelayan yang memiliki sumber daya alam kebanggaan yaitu terung dan teripang. Salah satu potensi yang terkenal di daerah tersebut adalah hasil olahan teripang dan terung, mulai dari cara menangkap sampai pengolahannya yang nampaknya menjadi produk yang paling banyak dijual di dalam area wisata pantai maupun di sepanjang jalan setelah pintu masuk pantai kenjeran baru.

IMG20170403100433

Untuk kegiatan pengolahan teripang harus diproses secara khusus. Setelah dari laut di belah tengahnya untuk menghilangkan kotorannya setelah itu di cuci dan direbus tanpa air, guna mengeluarkan air yang berada di dalam tubuh teripang setelah itu ditiriskan, tahap selanjutnya teripang di bolak-balik dan dicuci direbus lagi dengan air sampai kenyal dan kaku, selah itu diangkan dan dijemur, tahap selanjutnya diangin-anginkan serta pencabutan otot teripang’ bagian ini yang memliki nilai ekonomis yang tinggi.

Terung adalah salah satu hewan lunak (invertebrata) yang hidup di dasar pantai yang landai. Terung hidup dengan baik di kedalaman 15-100 meter. Hewan ini berbentuk bulat seperti bola tenis, dan berwarna putih. berbeda dengan teripang yang berbentuk lonjong dan berwarna coklat gelap. Di pesisir pantai utara Surabaya, Terung diolah menjadi kerupuk. Selain ketersediaan terung yang terbatas, Pengolahan terung menjadi kerupuk melalui proses yang terbilang panjang dan rumit. Sehingga menjadikan kerupuk terung ini bernilai jual yang cukup mahal.

IMG20170403102803

Pada tanggal 21 April dalam rangka acara Dies Natalis Universitas Hang Tuah XXX/27 Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan mengadakan kegiatan Bulan Pengabdian Kepada Masyarakat Dies Natalis XXX dengan tema “Penanganan Terung dan Tripang”. Pada kegiatan tersebut para dosen memberikan penyuluhan tentang ekosistem terung dan tripang, pendampingan pembuatan PIRT, pendampingan mengolahan yang hiegienis, membuatan alat pengering olahan, packaging olahan, pembuatan desain produk, sampai pada pendampingan penjualan online. Kegiatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat pesisir dengan memberikan pendampingan pengolahan hasil laut yang higienis dan penjualan yang bernilai tinggi.

IMG-20170422-WA0007